Minggu, 15 Juni 2014

Jangan Berebut Jabatan/Pangkat Duniawi

Bismillahirrahmanirrahiim

JANGAN  BEREBUT  JABATAN/PANGKAT  DUNIAWI

Alqur-an Surat Al Qashash  - 28 - ayat  84:


Tilkad daarul aakhiratu naj’aluhaa lil ladziina laa yuriiduuna ‘uluwwan fil ardhi wa laa fasaadaw wal ‘aqibatu lil muttaqiin.

Inilah Rumah Akhirat. Kami sediakan itu bagi orang-orang yang tidak berebut kedudukan di dunia, dan tidak pula berbuat kekacauan.  Dan kesudahannya yang baik adalah bagi orang-orang yang bertakwa.
This is the home of the Hereafter. We give it to those who seek not self-exaltation in the earth nor corruption.  And the good end is for the righteous.

Hadits  (Riadhus Shalihin I Cetakan ke-20, hal. 502) :   
Abu Said (Abdurrahman) bin Samurah r.a. berkata: Y.M. Rasulullah s.a.w. bersabda kepada saya: Ya Abdurrahman bin Samurah, janganlah menuntut kedudukan dalam pemerintahan,  karena jika kau diserahi jabatan tanpa memintanya, maka kau akan dibantu oleh Allah untuk melaksanakannya, tetapi jika dapat jabatan itu karena permintaanmu, maka akan diserahkan ke atas bahumu atau kebijaksanaanmu sendiri.  Dan apabila kau telah bersumpah untuk sesuatu (seperti umpamanya semacam berjanji dalam ‘kontrak politik”) yang kemudian ternyata jika kau lakukan yang lebih baik, maka tebuslah sumpah itu dan kerjakanlah yang lebih baik.


Mersela, 5 Juli 2009 – Kawalu,  16 Juni 2014.

Tidak ada komentar: